Rabu, 05 Februari 2014

EPIDEMIOLOGI

Lagi lagi sekedar sharing catatan kuliah tentang sekelumit materi epidemiologi :D
Hehehehe semoga bermanfaat



Pengertian Epidemiologi
Epidemiologi berasala dari bahasa Yunani, yaitu : Epi = pada, Demos = penduduk, dan Logos = ilmu.
I.       Pengertian Epidemiologi menurut para ahli
a.      Mac Mahon dan Pugh, Cabang ilmu yang mempelajari penyebaran penyakit dan faktor-faktor yang menentukan terjadinya penyakit pada manusia.
b.      Brian MacMahon (1970), epidemiologi adalah studi tentang penyebaran dan penyebab kejadian penyakit pada manusia dan mengapa terjadi distribusi semacam itu.
c.       Azrul Azwar, Ilmu yang mempelajari tentang frekuensi dan penyebaran masalah kesehatan pada sekelompok manusia serta faktor-faktor yang mempengaruhi masalah kesehatan.
d.      WHO, Studi ttg distribusi  dan determinan kesehatan yg berkaitan dgn kejadian di  populasi  dan aplikasi dari studi utk pemecahan masalah kesehatan.
e.       Center of Disease Control (CDC) 2002, Last 2001, Gordis 2000 menyatakan bahwa epidemiologi adalah studi yang mempelajari distribusi dan determinan penyakit dan keadaan kesehatan pada populasi serta penerapannya untuk pengendalian masalah-masalah kesehatan.
f.       Last (1988), Epidemiologi mempelajari penyebaran dan penentu  dari keadaan dan peristiwa yg berkaitan dg kesh. dlm suatu populasi tertentu dan penerapan dari hasil studi tsb utk penanggulangan mas. kesehatan
g.      Noor Nasri Noor (1997), Suatu ilmu yg mempelajari, menganalisis serta berusaha memecahkan berbagai mas. kesh. pd suatu kel. pend. ttt
h.      Wade Hampton Frost (1927), epidemiologi sebagai suatu pengetahuan tentang fenomena massal penyakit infeksi atau sebagai suatu atau sebagai riwayat alamiah penyakit menular.
i.        GreenWood (1934), epidemiologi mempelajari tentang penyakit dan segala macam kejadian penyakit yang mengenai kelompok (herd) penduduk.
j.        Lilienfeld (1957), Epidemiologi boleh didefinisikan sebagai studi distribusi suatu penyakit atau kondisi dalam populasi dan faktor yang mempengaruhi distribusi ini (determinan).
k.      Lilienfeld ( 1977 )
Epidemiologi adalah suatu metode pemikiran tentang penyakit yang berkaitan dengan penilaian biologis dan berasal dari pengamatan suatu tingkat kesehatan populasi.
l.        Taylor (1963), Studi kesehatan atau penyakit dalam populasi.
m.    Garry D. Friedman (1974), epidemiologi adalah ilmu pengetahuan mengenai terjadinya penyakit pada populasi manusia.
n.      Omran (1974). Epidemiologi adalah suatu ilmu mengenai terjadinya dan distribusi keadaan kesehatan, penyakit dan perubahan pada penduduk, begitu juga determinannya serta akibat – akibat yang terjadi pada kelompok penduduk.
o.      Hirsch ( 1883 ), Epidemiologi adalah suatu gambaran kejadian, penyebaran dari jenis – jenis penyakit pada manusia pada saat tertentu di berbagai tempat di bumi dan mengkaitkan dengan kondisi eksternal
p.      Robert H. Fletcher ( 1991 ), Epidemiologi adalah disiplin riset yang membahas tentang distribusi dan determinan penyakit dalam populasi.
q.      Anders Ahlbom & Staffan Norel ( 1989 ), Epidemiologi adalah Ilmu Pengetahuan mengenai terjadinya penyakit pada populasi manusia.    
r.       Moris ( 1964 ), Epidemiologi adalah suatu pengetahuan tentang sehat dan sakit dari suatu penduduk.
s.       Gerstman (1998) : “The core science of public health “ bahwa epidemiologi adalah inti dari disiplin ilmu Public Health(kesehatan masyarakat).

II.    Ruang Lingkup Epidemiologi
a.      Epidemiologi Deskriptif
Epidemiologi yang mempelajari tentang frekuensi dan penyebaran suatu masalah kesehatan tanpa memndang perlu mencari jawaban terhadap faktor-faktor penyebab timbulnya masalah kesehatan tersebut.
b.      Epidemiologi Analitik
Epidemiologi yang menekankan pada pencarian jawaban terhadap penyebab terjadinya frekuensi, penyebaran, serta munculnya suatu masalah kesehatan. Dalam epidemiologi analitik diupayakan mencari jawaban “mengapa(why)”, kemudian dianalisa hubungannya dengan akibat yang ditimbulkan.
c.       Epidemiologi Interfensi/ekperimental
Dengan cara membuat sebuah perlakuan. Melakukan analisis secara langsung tentang hubungan sebab akibat melalui percobaan-percobaan, baik di laboratorium maupun di masyarakat.
d.      Epidemiologi Evaluatif
Melakukan evaluasi atau penilaian terhadap kegiatan kesehatan yang sudah dilakukan.
III.       Keunikan Epidemiologi
Yang diteliti atau dianalisa adalah penyakit-penyakit yang terjadi pada sekelompok orang (bukan individual). Menilai peristiwa dalam masyarakat secara kuantitatif.

IV. Kata Kunci Epidemiologi
Penyebaran/distribusi penyakit, frekuensi penyakit, determinan (faktor penyebab) penyakit,
V.          Manfaat Epidemiologi
1.      Membantu dalam pekerjaan administrasi kesehatan
2.      Untuk menjelaskan penyebab masalah kesehatan
3.      Untuk menerangkan perkembangan alamiah suatu penyakit
4.      Untuk menerangkan suatu keadaan masalah kesehatan
5.      Untuk penelitian dan pengembangan program pemberantasan penyakit dan penanggulangan  masalah kesehatan
6.      Untuk memperoleh keterangan dalam mengklasifikasikan penyakit
7.      Untuk penyusunan program pencegahan penyakit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar